Blogging dalam Genggaman

Wednesday, December 07, 2016

Awal ngeblog dulu, saya ingat betul betapa susahnya untuk update konten blog. Karena waktu itu belum punya internet di rumah, jadi mau nggak mau harus ke warnet. Supaya biaya internetan nggak mahal, konten untuk blog biasanya sudah ditulis tangan di buku dan tinggal diketik ulang untuk selanjutnya di-posting.



Ribet dan makan waktu banget memang. Beruntung sekarang teknologi semakin canggih. Hampir setiap orang punya laptop/netbook/notebook untuk mempermudah blogging. Dan sekarang aktivitas ngeblog sudah ada di genggaman, karena bisa dilakukan di smartphone.

Buat saya, smartphone memiliki peranan penting dalam menunjang kegiatan saya blogging. Berbagai aplikasi yang ada di ponsel benar-benar mempermudah menuangkan ide, menulis dan mem-posting konten di smartphone. Makanya, semakin keren smartphone kita, maka semakin maksimal mereka men-support kegiatan blogging.

Bulan Oktober lalu, Female Daily kembali menggelar Blogger Workshop. Sebagai blogger, saya wajib hadir. The speakers were bloggers who successfully monetize their blogs. Selain itu ada berbagai macam workshop untuk memperdalam our blogging skills.

Salah satu talkshow yang menarik dibawakan oleh Samsung Indonesia. Di ajang ini, Samsung memperkenalkan produk terbarunya, yaitu Samsung Galaxy J5 dan J7. Dua ponsel baru ini digadang-gadang sebagai sahabat terbaik para blogger.

Samsung Galaxy J7 dan J5 menjawab kebutuhan para blogger masa kini. Kita tahu ngeblog sekarang bukan cuma tulisan aja. Harus ada foto dan biar lebih menarik, kita juga perlu mengunggah video.
Pict from here

Selfie Flash
Untuk menghasilkan foto dan video yang kece, kita butuh kamera yang canggih. Tapi bawa kamera kemana-mana itu agak ribet ya. Untungnya sekarang sudah banyak hape yang punya kualitas setara dengan kamera.

Nah, Samsung Galaxy J7 dan J5 has what it takes to support your blogging and vlogging activities. Dual camera (13MP for main camera and 5MP for front camera) dilengkapi dengan dual flash di depan dan di belakang. Jadi kalau mau selfie di tempat gelap, bukan masalah lagi.

Di acara Female Daily Network Blogger Workshop 2016, Samsung Indonesia membuka booth, dimana blogger bisa langsung menjajal Samsung Galaxy J7 dan J5. User experience-nya lucu banget, karena berbetuk ruangan yang gelap. Di situ kita dipinjami Samsung Galaxy J7 dan  J5 untuk ber-selfie menggunakan front flash. Hasilnya.... tada... kece banget. Pokoknya nggak ada lagi yang namanya foto gelap hasilnya gelap.

Selain memungkinkan kita selfie on low light, Samsung Galaxy J7 dan J5 punya fitur wide selfie. Dengan fitur ini, foto yang dihasilkan akan semakin meriah karena banyak orang yang bisa masuk dalam satu frame.

Ultra Data Saving
Nah, fitur berikutnya, kayaknya cuma ada di ponsel keluaran Samsung, termasuk Galaxy J7 dan J5. Ultra Data Saving. Apa sih Ultra Data Saving? Jadi fitur ini membuat pemakaian data internet lebih irit. Dengan mengaktifkan fitur ini, kita bisa berhemat data internet hingga 50 persen. Nggak percaya? Lihat sendiri tabel di bawah ini.
Presentasi perwakilan Samsung Indonesia di Female Daily Network Blogger Workshop

Kenapa sih fitur Ultra Data Saving ini penting banget buat bloger? Ya karna kita ngeblog menggunakan data internet. Dengan fitur yang memangkas pemakai data internet, kuota data kita nggak akan cepat habis dan ngeblog lewat ponselpun semakin lancar.

Ultra Power Saving
Samsung Galaxy J7 dan J5 nggak cuma saving your data but also your batery. Dengan adanya teknologi Ultra Power Saving Mode, Samsung Galaxy J7 dan J5 akan menutup aplikasi atau fungsi yang tidak diperlukan. Dengan demikian baterai tetap awet dan ponsel kita tetap menyala saat dibutuhkan.

Kapasitas RAM dan Internal Memory besar
Mempunyai ponsel dengan kapasitas RAM dan internal memory yang besar adalah sebuah kewajiban. Apalagi sebagai blogger, kita butuh menginstal beragai aplikasi untuk menunjang kegiatan blogging. 

Samsung Galaxy J7 dan J5 ini dipersenjatai dengan RAM 2GB dan internal memory sebesar 16 GB. Dengan adanya internal memory yang besar plus ada tambahan external memory up to 128 GB, kita bisa instal berbagai macam aplikasi yang berkaitan dengan blog. Kalau saya, yang pasti diinstal adalah blogger. Aplikasi ini ngebantu banget untuk update konten dalam sekejap.

Aplikasi photo editing juga wajib dimiliki oleh blogger di ponselnya. Bukan cuma untuk mempercantik selfie tapi juga untuk edit foto pemandangan dan lain sebagainya supaya warnanya makin pop up.

Seperti saya bilang di atas, blog sekarang semakin menarik jika ditambahkan video. Nah, jangan lupa instal aplikasi video editing.

Jangan lupa media sosial. Ini penting banget buat promo blog kita. Salah satu tips untuk ngeblog dari Harumi Sudrajat, pemilik blog www.mytipscantik.com, wajib hukumnya untuk sharing blog kita di media sosial. Kenapa? Karena dengan share blog kita di berbagai media sosial, kita bisa meningkatkan trafik.

Nah, sekarang bayangkan kalau kapasitas ponsel kita nggak didukung oleh RAM dan internal memory yang besar? Buka berbagai macam aplikasi dalam satu waktu, bisa-bisa hape kita super lemot. Pokoknya nggak bakal asyik diajak multitasking kalau RAM dan internal memory-nya nggak besar.

Masih banyak sih keunggulan Samsung Galaxy J7 dan J5  lainnya yang bakal berguna banget untuk menunjang aktivitas blogging. Misalnya display layar HD 5,2" (J5) dan 5,5" (J7), smart manager dan expandable memory.

Salah satu fitur yang ada di hampir semua ponsel, yang kadang dilupakan dan bahkan tidak dipakai, namun sebenarnya mempunyai fugsi maksimal buat para blogger adalah MEMO.

Buat saya memo itu penting banget untuk mencatat ide-ide yang tiba-tiba muncul di tempat yang tidak terduga. Ide nggak muncul kapan aja. Jadi begitu muncul, memang sebaiknya dicatat daripada menguap begitu saja.

Misalnya sedang dalam bis, lalu mendapatkan ide untuk menulis tentang hujan, maka saya akan segera mencatatnya. Makanya, kalau lihat Memo di hape saya, jumlahnya banyak banget.

To sum up, hape dengan segala fiturnya itu bukan cuma untuk foto, browsing dan chatting aja. Kita bisa melakukan sesuatu yang produktif dengan hape kita. Misalnya buat blogging. Fitur-fitur kece di ponsel bisa dimanfaatkan untuk mengumpulkan ide, foto, bikin video dan mem-posting langsung konten blog kamu.

Kalau benar-benar bisa memaksimalkan fungsi ponsel pintar kamu untuk blog, bukan tidak di masa depan nanti kamu bisa kayak Diana Rikasari, Elle Yamada, Harumi Sudrajat, Cindy Karmoko dan all blogger who get paid for their blogpost. Tempting? It is!!!


Penasaran dengan Samsung Galaxy J7 dan J5, silakan kunjungi link berikut ini:
http://www.samsung.com/id/smartphones/galaxy-j5-2016-j510fn/SM-J510FZDUXID/

You Might Also Like

2 komentar

  1. Alhamdulillah semoga atas bantuan ki witjaksono terbalaskan melebihi rasa syukur kami saat ini karna bantuan aki sangat berarti bagi keluarga kami di saat kesusahan dengan menanggun 9 anak,kami berprofesi penjual ikan di pasar hutang saya menunpuk di mana-mana sempat terpikir untuk jadikan anak bekerja tki karna keadaan begitu mendesak tapi salah satu anak saya melihat adanya program pesugihan dana gaib tanpa tumbal kami lansung kuatkan niat,Awalnya suami saya meragukan program ini dan melarang untuk mencobanya tapi dari yg saya lihat program ini bergransi hukum,Saya pun tetap menjelaskan suami sampai dia ikut yakin dan alhamdulillah dalam proses 1 hari 1 malam kami bisa menbuktikan bantuan aki melalui dana gaib tanpa tumbal,Bagi saudara-saudaraku yg butuh pertolongan silahkan
    hubungi Ki Witjaksono di:O852-2223-1459
    supaya lebih jelas
    silahkan klik-> PESUGIHAN TANPA TUMBAL

    ReplyDelete


  2. f you are looking for an online portal that supports Mp3,3gp and Mp4 files.tubidy is one of the most reliable website
    http://www.kikguru.com/tubidy-com-mp3-3gp-mp4-search-engine/

    ReplyDelete